Senin, 12 Desember 2016

Danau Tarusan Kamang.


Kabupaten Agam memiliki sumber daya alam yang lengkap. Antara lain memiliki pantai, danau, gunung, lembah, hingga kawasan pariwisata seperti Lawang Park, Janjang seribu Koto Gadang, dan tempat wisata lainnya.
Selain itu, masih ada setumpuk pesona yang masih tersuruk di Ranah Agam yang bisa disebut dengan laksana kristal bening yang belum diasah. Tidak terlalu banyak dibicarakan orang tapi sebenarnya memiliki keindahan yang mempesona yakni danau Tarusan Kamang terletak di Kecamatan Kamang magek, Kabupaten Agam.


Danau Tarusan Kamang menurut cerita masyarakat setempat merupakan danau yang penuh dengan teka-teki dan misterius tentang kondisi alamnya yang berubah-ubah, memiliki luas sekitar 675 meter dan panjang 1,5 kilometer.
Fenomena alam yang menakjubkan di danau Tarusan Kamang adalah menghilangnya air danau ke dalam perut bumi dan muncul di celah padang rumput yang hijau, tanpa bisa menebak waktunya.
Tidak seorangpun yang tahu pasti, kapan danau ini menggenang dan kapan akan mengering lagi jadi padang rumput. Satu-satunya yang sering menjadi isyarat bagi kami adalah bunyi dentuman di pojok danau.
Bila terdengar bunyi dentuman, itu pertanda esok harinya akan muncul air dan menggenang membentuk danau.


Dia menambahkan, tidak ada sungai di danau Tarusan yang air muncul dan menghilang begitu saja ke perut bumi. Ketika air mulai menggenang, maka ikan-ikan dan sejenis udang pun bermunculan. Konon dulunya ikan-ikan di danau Tarusan cukup besar, tapi kini hanya tinggal ikan-ikan kecil yang dikenal dengan “Pantau Tarusan”. Jadi pusat perhatiannya danau Tarusan Kamang hingga ke dunia luar.

0 komentar:

Posting Komentar

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Member Asita

Blog Archive

Popular Posts

Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Minangkabau Land

Minangkabau Halal Tourism

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese

Like This

news

Booking Here

Nama

Email *

Pesan *

Blog Demo